Sabtu, 11 April 2015

Perusahaan Kewirausahaan (Bid. Kesehatan) // Pertemuan 11&12

Diposting oleh Arum Puspitarini di Sabtu, April 11, 2015


RIWAYAT
PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI merupakan salah satu pelopor industri farmasi nasional di Indonesia yang berdedikasi dibidang kesehatan reproduksi, melalui produksi kontraseptif berkualitas internasional dengan harga terjangkau.
Dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas dengan teknologi mutakhir, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI menghasilkan obat-obatan berkualitas tinggi untuk sektor swasta dan pemerintah, baik di pasar domestik maupun luar negeri. Lebih dari itu, dengan fasilitas produksi hormon dan non-hormon yang terpisah, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI merupakan salah satu pabrik terbaik di Indonesia yang juga memberikan layanan toll-manufacturing, yang saat ini telah melakukan  aliansi strategis, baik dengan mitra lokal maupun internasional.
Sejak didirikan oleh Bapak dan Ibu Zainal Abidin pada tahun 1969, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI telah memperoleh pengakuan internasional untuk keunggulannya dalam bidang usaha manufaktur dan ekspor.

            PT TUNGGAL IDAMAN ABDI merupakan perusahaan farmasi nasional yang senantiasa berkomitmen untuk menghasilkan obat-obatan berkualitas tinggi melalui berbagai program penelitian dan pengembangan. Kami memiliki misi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui obat-obatan bermutu tinggi dengan harga terjangkau dan mudah didapat.

            Melalui pengalaman serta kemitraan selama ini dengan berbagai perusahaan farmasi multinasional yang diakui secara internasional, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI memegang peranan penting dalam menjaga standar nasional berbagai produk, terutama di antaranya produk-produk kontraseptif dan kesehatan reproduksi.

            Salah satu pencapaian tertinggi PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI adalah produksi obat kontraseptif Depo Provera® yang telah diakui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika, yang telah kami lakukan selama lebih dari 30 tahun dalam kerja sama toll-manufacturing dengan salah satu perusahaan multinasional / Fortune 100 dari Amerika Serikat sampai 2005 dimana perusahaan ini menutup aktivitas marketing untuk produk ini. Prestasi ini diikuti oleh peluncuran produk sejenis merek kami sendiri pada tahun 2006 untuk pasar domestik dan pasar ekspor, dengan standar dan kualitas yang setara dengan produk sebelumnya.

            Sejak 1993, PT TUNGGAL IDAMAN ABDI memproduksi produk kontraseptif suntik bulanan Cyclofem® di bawah lisensi Concept Foundation © USA / Health Concepts International, yang telah memberikan konsultasi teknis serta informasi klinis/pre-klinis. Semenjak itu kami telah memproduksi lebih dari 90 juta vial dan terus berkembang melalui perluasan ekspor Cyclofem® ke berbagai negara.

            Sebagai perusahaan farmasi yang tumbuh dinamis, PT Tunggal Idaman Abdi merentangkan sayap usahanya dengan terus menambah jajaran produk yang dihasilkan, baik di sektor Kesehatan Reproduksi maupun sektor lainnya.
VISI
PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI memiliki visi untuk menjadi perusahaan terkemuka dibidang Kesehatan Reproduksi di Indonesia, sekaligus menjadi produsen kontraseptif injeksi berkelas dunia.

            Seiring dengan itu PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI mengemban misi untuk memberikan kontribusi yang bermakna terhadap standar dan kualitas hidup masyarakat yang kami layani, baik di tanah air maupun di luar negeri, melalui produk berkualitas tinggi dengan akses dan harga yang terjangkau.

            Didukung dengan pengalaman kemitraan lebih dari 30 tahun dengan berbagai perusahan farmasi multinasional terkemuka, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI telah memberikan peran penting dalam meningkatkan serta menjaga standar nasional obat-obatan secara umum dan obat-obat kontraseptif serta kesehatan reproduksi pada khususnya.

            PT. ini juga aktif berperan dalam mendukung kegiatan program Keluarga Berencana pemerintah dalam kerja samanya dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional / BKKBN melalui jutaan vial produk kontraseptif injeksi tiga bulanan / DMPA kami yang telah diikutsertakan dalam program tersebut.  
Sebagai anggota dari GEMS / The Generic Manufacturers for Reproductive Health, suatu komunitas produsen generik terpilih yang bergerak di bidang kesehatan reproduksi, yang secara kolektif mendistribusikan produknya ke lebih dari 50 negara, PT TUNGGAL IDAMAN ABDI disatukan dalam komitmen yang kuat untuk memenuhi kebutuhan sekaligus pilihan kaum wanita terhadap produk kesehatan reproduksi yang berkualitas tinggi dan aman.
GEMS saat ini beranggotakan tujuh perusahaan farmasi terpilih dari Asia, Afrika dan Eropa, termasuk didalamnya PT Tunggal Idaman Abdi sebagai satu-satunya anggota dari Indonesia.

            Lebih dari itu, PT TUNGGAL IDAMAN ABDI juga terpilih sebagai satu-satunya produsen dari Indonesia untuk menjadi anggota dari Koalisi Penyediaan Produk Kesehatan Reproduksi  / Reproductive Health Supplies Coalition, yaitu organisasi global yang terdiri dari sektor publik, sektor swasta dan organisasi non-pemerintah yang bekerja sama untuk memastikan ketersediaan produk kesehatan reproduksi yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau bagi semua orang yang membutuhkannya. Aktifitas Koalisi Penyediaan Produk Kesehatan Reproduksi di lini terdepan bantuan internasional turut memastikan terjaminnya ketersediaan produk kesehatan reproduksi melalui peningkatan sumber daya, penyempurnaan sistem serta terbangunnya kemitraan yang efektif.
KAPABILITAS
Selain dari portofolio produk sendiri, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI juga telah menjalani perjalanan panjang kemitraan toll-manufacturing dengan berbagai perusahaan multinasional dari Amerika Serikat maupun Eropa.
 
            Didukung dengan fasilitas pabrik dan mesin produksi yang mutakhir serta standar produksi farmasi yang tinggi sesuai Good Manufacturing Practice / GMP atau Cara Pembuatan Obat yang Baik / CPOB  Kelas A melalui sertifikasi yang diberikan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan / BPOM Republik Indonesia, kami menghasilkan berbagai jenis produk berkualitas yang meliputi kategori obat:
• Hormon steril / injeksi
• Non-hormon steril / injeksi
• Tablet
• Krim, gel dan salep
• Likuid dan sirup
PENJUALAN DAN PEMASARAN
Sejalan dengan visi untuk menjadikan PT TUNGGAL IDAMAN ABDI sebagai pemimpin dibidang kesehatan reproduksi di Indonesia dan menjadi perusahaan berkelas dunia dibidang injeksi kontraseptif, kami telah  melakukan kerja sama kemitraan dengan Concept Foundation © - suatu organisasi nirlaba internasional dari Amerika Serikat yang mengemban misi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan wanita di negara-negara sedang berkembang melalui kemudahan akses dalam mendapatkan obat-obatan Kesehatan Reproduksi berkualitas dengan harga terjangkau.

            PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI saat ini juga telah melakukan aliansi strategis dengan berbagai perusahaan multinasional dari Amerika Serikat dan Eropa meliputi berbagai kemitraan dibidang regulasi, ijin impor, toll-in manufacturing dan supply agreement.  
PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI telah mengekspor produk kontraseptif injeksi ke lebih dari 10 negara dan terus menambah jangkauan distribusi globalnya, terutama ke negara-negara berkembang, untuk memberikan obat kontraseptif berkualitas tinggi. Dalam proses ini, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI telah mendapatkan akreditasi dari berbagai audit yang dilaksanakan oleh badan regulator dari negara-negara tujuan ekspor.

            Di Indonesia, PT ini memiliki hubungan kemitraan yang sangat dekat dengan para bidan di seluruh Indonesia. Hal ini sangat sejalan dengan peran penting bidan sebagai provider / tenaga utama dalam pelayanan Keluarga Berencana maupun persalinan para ibu di Indonesia. Tren memperlihatkan tidak kurang dari 75% layanan Keluarga Berencana serta proses persalinan ditangani oleh bidan. Maka dengan itu, tim pemasaran kami terus meningkatkan jangkauan domestik hingga di daerah terpencil dan memudahkan akses untuk mendapatkan obat–obat kesehatan reproduksi.
PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI mempunyai jaringan lebih dari 25 kota di seluruh Indonesia dengan armada tenaga pemasaran yang berkembang pesat untuk melayani konsumen yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Untuk mendukung aktivitas penjualan dan pemasaran, PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI menyediakan lebih dari 220 sales representative yang ditempatkan secara strategis di kota-kota besar dan area-area terpencil di seluruh Indonesia.  Dalam hal ini, tenaga pemasaran kami telah terdidik dan terlatih untuk bisa menjadi mitra terbaik dan terpercaya bagi bidan. Hubungan ini dibina melalui kerjasama yang dilandasi oleh berbagai kegiatan bersama yang diadakan bagi bidan seputar topik kesehatan reproduksi pada umumnya dan kontraseptif pada khususnya.
           
            Tim pemasaran PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI sebagai ujung tombak tidak hanya sekedar meningkatkan jangkauan dan pengembangan usaha semata, mereka juga bertanggung jawab meningkatkan citra perusahaan melalui standar operasi yang kuat, pengetahuan produk yang sempurna serta jalinan hubungan harmonis dengan konsumen.


0 komentar:

 

ALOHA♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea