Sabtu, 02 Mei 2015

Program CSR Pada CISCO

Diposting oleh Arum Puspitarini di Sabtu, Mei 02, 2015







Corporate Social Responsibility (CSR)
  1. Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)
Corporate Social Responsibility merupakan suatu elemen penting dalam kerangka keberlanjutan usaha suatu industri dan perkembangan bisnis. CSR merupakan sebuah konsep terintegrasi yang menggabungkan aspek ekonomi, lingkungan dan sosial dengan selaras. Definisi secara luas mengenai CSR diungkapkan oleh World Business Council for Sustainable Development (WBCD) dalam publikasinya Making Good Business Sense. CSR diartikan sebagai suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk terus-menerus bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat ataupun masyarakat luas, bersamaan dengan peningkatan taraf hidup pekerjanya beserta seluruh keluarga. (Wibisono, 2007)


Kotler dan Lee (2005) menyatakan bahwa CSR merupakan suatu komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas secara sukarela melalui kebijaksanaan praktek bisnis dan kontribusi dari sumberdaya perusahaan. (Philip Kotler dan Nancy Lee, 2005).

Pengertian CSR menurut Lingkar Studi CSR adalah upaya manajemen yang dijalankan entitas bisnis untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan berdasar keseimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif tiap pilar. Wibisono (2007) mendefinisikan CSR sebagai tanggung jawab perusahaan kepada para pemangku kepentingan untuk berlaku etis, meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan (triple bottom line) dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pendapat tentang pengertian CSR yang lebih komprehensif dikemukakan oleh Prince of Wales International Business Forum lewat lima pilar, yaitu:
  1. Pertama, building human capital, menyangkut kemampuan perusahaan untuk memiliki dukungan sumber daya manusia yang andal (internal). Di sini perusahaan dituntut melakukan pemberdayaan, biasanya melalui community development.
  2. Kedua, strengthening economies yaitu melalui pemberdayakan ekonomi komunitas.
  3. Ketiga, assessing social, maksudnya perusahaan menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitar agar tak menimbulkan konflik.
  4. Keempat, encouraging good governance, artinya perusahaan dikelola dalam tata pamong/birokrasi yang baik.
  5. Kelima, protecting the environment, yaitu perusahaan harus mengawal dan menjaga kelestarian lingkungan.
Versi lain mengenai definisi CSR juga dikemukakan oleh World Bank. Menurut World Bank, CSR adalah komitmen bisnis untuk berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi berkelanjutan, memperhatikan karyawan dan masyarakat lokal, dan masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Sejumlah pendapat mengenai pengertian CSR tersebut memiliki kesamaan mengenai definisi CSR yakni CSR merupakan komitmen sebuah perusahaan untuk mengembangkan taraf kehidupan masyarakat sekitar, masyarakat luas, dan karyawan, serta komitmen perusahaan untuk peduli terhadap lingkungan melalui praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Program CSR sudah mulai bermunculan di Indonesia seiring telah disahkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, adapun isi Undang-Undang tersebut  yang berkaitan dengan CSR, yaitu:

Pada pasal 74 di Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, berbunyi:
  1. Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.
  2. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.
  3. Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  4. Ketentuan lebih lanjut mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan diatur dengan Peraturan Pemerintah.
Sedangkan pada pasal 25 (b) Undang – Undang Penanaman Modal menyatakan kepada setiap penanam modal wajib melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.
Dari kedua pasal diatas dapat kita lihat bagaimana pemerintah Indonesia berusaha untuk mengatur kewajiban pelaksanaan CSR oleh perusahaan atau penanam modal.
B.      Tujuan Corporate Social Responsibility (CSR)
Tujuan CSR adalah untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar lokasi produksi dan bekerjasama denganstakeholder untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Perusahaanharus memiliki komitmen melaksanakan tanggung jawab perusahaan di bidang sosialserta lingkungan sesuai dengan prinsip pengembangan lingkungan yang berkelanjutanbaik secara ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Pemerintah dalam hal ini juga mempunyai peranan penting dalam mengatur dan mengontrol kegiatan produksi perusahaan, selain mendapatkan pajak dari perusahaantersebut. Perusahaan berperan dalam melakukan kegiatan produksi dan peduli pada lingkungan sedangkan masyarakat berperan dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Dengan kata lain CSR merupakan bentuk mata rantai yang tidak bisa dipisahkan antara kegiatan industri, lingkungan dan masyarakat.

Setiap perusahaan memiliki bentuk CSR yang berbeda-beda dan tergantung dari kompetensi perusahaan serta kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Sebaiknya sebelum melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan melakukan survei terlebih dahulu untuk menampung aspirasi masyarakat sehingga CSR yang dilakukan tepat guna dan tepat sasaran. Dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar sekitar,ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan memberdayakan masyarakat dalam bidang :
  1. Pengembangan Ekonomi
misalnya kegiatan di bidan pertanian, peternakan,koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).
  1. Kesehatan dan Gizi Masyarakat
misalnya penyuluhan, pengobatan, pemberian gizibagi balita, program sanitasi masyarakat dan sebagainya.
  1. Pengelolaan Lingkungan
misalnya penanganan limbah, pengelolaan sampah rumahtangga, reklamasi dan penanganan dampak lingkungan lainnya.
  1. Pendidikan, Ketrampilan dan Pelatihan
misalnya pemberian beasiswa bagi siswaberprestasi dan siswa tidak mampu, magang atau job training, studi banding,peningkatan ketrampilan, pelatihan dan pemberian sarana pendidikan.
  1. Sosial, Budaya, Agama dan Infrastruktur
misalnya kegiatan bakti sosial, budayadan keagamaan serta perbaikan infrastruktur di wilayah masyarakat setempat.
C.      Profil Singkat CISCO 
 
Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat. Untuk itu, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu ROM, RAM, NVRAM dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula dengan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS). Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri- sendiri sebagai berikut :

·         ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.
·         RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yang aktif.
·         NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration).
·         FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router. 

D.      Sejarah Cisco Router
          Pada awal 1980-an, ada sepasang suami istri yaitu Len dan Sandy Bosack yang dulu bekerja di dua departemen komputer yang berbeda yang terletak di Stanford University. Pasangan ini sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengatasi masalah ini, mereka membuat sebuah server gateway di ruang tamu mereka yang menuju cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa sebuah revolusi dalam Networking.  Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway  Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini datang Mid-Range Gateway Server (MGS), Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS+.
        Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Router ini masih ada dan meningkatkan setiap hari. Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform. Sertifikasi CCNA adalah sertifikat yang pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco dan merupakan pendahulu untuk semua sertifikasi Cisco. Program CCNA dibuat untuk memberikan dasar yang kokoh yang tidak hanya untuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan hardware Cisco, tetapi juga internetworking secara umum. Untuk mendapatkan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) maka Ciscon membuat suatu seri sertifikasi, yaitu:
v  CCNA (Cisco Certified Network Associate)
v  CCNP (Cisco Certified Network Professional)
v  CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)



E.       CSR Pada CISCO
Hal-hal menakjubkan terjadi ketika orang terhubung: Seorang pengungsi menjadi-setelah dicari karyawan. Seorang veteran menemukan karir baru. Pengusaha muda membantu orang buta menavigasi kota. Seorang petani memanen tanaman bumper. Seorang korban bencana reuni dengan orang yang dicintai. Bersama-sama, kita kalikan dampak dari upaya individu untuk mengubah kehidupan, masyarakat, dan planet ini. Cisco CSR memimpin upaya ini dengan inovatif program , kemitraan , dan cara kita melakukan bisnis dengan menggabungkan kolaborasi manusia dan koneksi jaringan.

Program CSR

v  Investasi dalam masyarakat lokal untuk memecahkan tantangan global

Cisco berinvestasi dalam program terukur dan mandiri yang menggunakan teknologi untuk memenuhi beberapa tantangan terbesar masyarakat. Kami menggunakan keahlian, teknologi, kemitraan, dan sumber daya keuangan untuk membantu membangun berkembang, masyarakat sejahtera yang meningkatkan kehidupan masyarakat dan mendukung bisnis kami. Program investasi sosial kami fokus pada empat bidang di mana kita percaya Cisco CSR dapat menambah nilai yang paling dan membuat dampak yang signifikan dan abadi.

v  Akses ke Pendidikan

Program inovatif kami memanfaatkan teknologi jaringan untuk mempersiapkan orang-orang dari segala usia di seluruh dunia untuk berhasil dalam masyarakat berbasis teknologi global.

v  Terhubung Kesehatan

Teknologi kolaborasi Cisco membawa spesialis kesehatan kepada pasien yang membutuhkan mereka, mengurangi stres dan biaya perjalanan untuk menerima perawatan.

v  Pemberdayaan ekonomi

Investasi dalam potensi manusia melalui program yang menggunakan TIK untuk menghubungkan masyarakat menantang dan populasi terlayani ke sumber daya yang mengubah hidup.

v  Kebutuhan Manusia kritis dan Penanggulangan Bencana

Mempercepat pengiriman sumber daya penting melalui program yang berkelanjutan dan tanggap bencana.

v  Air Untuk Orang

Teknologi memanfaatkan untuk memberikan aman, air bersih

Jutaan orang di seluruh dunia kekurangan air bersih, yang dapat menyebabkan penyakit, kehilangan sekolah dan bekerja, dan bahkan kematian. Sementara banyak organisasi yang bekerja untuk meningkatkan akses ke air bersih, tingkat kegagalan yang tinggi. Dengan dukungan hibah dari Cisco, Air Untuk Orang menggunakan kekuatan teknologi untuk mengembangkan solusi yang lebih efektif dan tahan lama.

Siapa: program lokal menghadapi tantangan global

Air Untuk Orang percaya bahwa kolaborasi dan berbagi informasi merupakan kunci untuk meningkatkan air dan sanitasi. Tujuannya adalah untuk memberikan aman, air minum untuk masyarakat di 30 kabupaten di 9 negara yang melayani 4 juta orang.
  • Sekitar 800 juta orang, atau satu-sembilan dari populasi dunia, tidak memiliki akses ke air bersih.
  • Seorang anak meninggal dari penyakit yang berhubungan dengan air setiap 21 detik.
  • Tingkat kegagalan untuk proyek air setinggi 60 persen di beberapa daerah.
  • Air Untuk Orang bekerja dengan organisasi-organisasi lokal di Bolivia, Guatemala, Honduras, India, Malawi, Nikaragua, Peru, Rwanda, dan Uganda

Cara: Pengumpulan data dan analisis meningkatkan praktek bisnis

Menggunakan ponsel pintar dan teknologi berbasis web, yang dikembangkan dengan dukungan Cisco, Air Untuk Orang memonitor investasi air dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari lokasi lapangan terpencil dan sulit dijangkau. Data ini membantu meningkatkan sektor pengiriman air kompetensi, akuntabilitas, dan transparansi.
  • Lapangan Tingkat Operasi Watch (ARUS) adalah aplikasi mobile yang mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data tentang kondisi pelayanan air titik distribusi.
  • Pelaporan (RIR) platform Re-Imagine menawarkan pandangan yang komprehensif tentang apa yang terjadi dalam program negara dari waktu ke waktu.
  • 10 tahun dijamin monitoring dan evaluasi proyek air menjamin stabilitas.
  • Peningkatan efisiensi berarti bahwa sistem air dan sanitasi akhirnya dapat dipertahankan oleh pemerintah daerah tanpa bantuan lebih lanjut.

Dampak Multiplied

Dengan perkembangan ALIRAN dan teknologi RIR, kemitraan yang lebih baik sedang dikembangkan dengan pemerintah kabupaten, menuju tujuan menyediakan cakupan air bersih dan sanitasi 100 persen di 30 kabupaten di seluruh dunia.
  • Sejak dipindahkan ke AVKO Yayasan pada tahun 2012, ARUS telah ditingkatkan sebagai alat open-source (dengan dukungan Cisco) dan digunakan oleh 69 organisasi di 28 negara.
  • RIR memungkinkan Air Untuk Orang untuk membangun kemitraan yang lebih baik dengan pemerintah daerah karena mereka dapat menunjukkan bagaimana dana yang digunakan.
  • 75% dari penduduk di Air Untuk Orang menargetkan masyarakat di India memiliki akses ke air yang dapat diandalkan dan sanitasi.
  • 549.000 orang menerima akses ke air diperbaiki atau sanitasi dan pendidikan kesehatan pada tahun 2013.
v  Ajarkan Untuk Amerika

Menciptakan kesetaraan pendidikan satu kelas pada satu waktu

Anak-anak tumbuh dalam kemiskinan sering kekurangan akses ke pendidikan yang diperlukan berkualitas untuk mewujudkan potensi mereka. Hanya setengah dari mereka akan lulus dari sekolah tinggi dan hanya 8 persen akan lulus kuliah pada usia 24. Ajarkan Bagi Amerika merekrut berprestasi lulusan perguruan tinggi untuk memastikan bahwa anak-anak di sekolah terlayani memiliki kesempatan untuk prestasi akademik dan kesuksesan seumur hidup.

Siapa: Sebuah korps beragam guru di sekolah terlayani

Ajarkan Untuk anggota korps Amerika mewakili berbagai kelompok profesional muda berbakat yang memiliki keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk mengurangi ketimpangan pendidikan. Setelah komitmen mengajar dua tahun, banyak alumni terus mengatasi ketimpangan pendidikan sebagai pemimpin sekolah, pejabat terpilih, penasihat kebijakan, dan pengusaha sosial, serta pemimpin dalam bisnis, nirlaba, pemerintah, kedokteran, dan hukum.
  • 10.000 anggota korps di 46 daerah diajarkan lebih dari 750.000 siswa di 2012-13.
  • 400 kampus menerima kunjungan dari Teach For America perekrut mencari kandidat terbaik.
  • Anggota korps menerima pelatihan pra-layanan untuk mempersiapkan mereka untuk mengajar penuh waktu.
  • 63% dari TFA alumni pergi ke karir penuh waktu di bidang pendidikan atau advokasi untuk pendidikan.

Cara: Sebuah jaringan diperbarui meningkatkan kapasitas dan masing-masing

Ajarkan Untuk usang, terputus infrastruktur terhambat perekrutan dan pelatihan upaya Amerika antara kantor regional, perekrut terpencil, dan guru. Cisco menyumbangkan jaringan infrastruktur dan konferensi video solusi untuk menghubungkan kantor, mengurangi biaya, dan lebih efisien merekrut, melatih, dan menempatkan anggota korps lagi.
  • Peningkatan 200% pada anggota korps dari 4.000 ke 12.000 2008-2013.
  • $ 896.000 diperkirakan penghematan tahunan di biaya perjalanan dikurangi melalui penggunaan teknologi.
  • Staf, anggota korps, dan alumni memiliki akses ke file dan satu sama lain dari mana saja menggunakan Cisco WebEx dan sumber daya online.
  • Teknologi Cisco TelePresence memungkinkan tatap muka pelatihan, perencanaan, dan pertemuan tanpa waktu perjalanan atau beban.
  • 1100 kamera Balik disumbangkan memberikan guru alat untuk merekam, berbagi, dan meningkatkan praktek mengajar mereka.

Dampak Multiplied

Cisco sumbangan dan keahlian telah membantu Ajarkan Bagi Amerika meningkatkan kapasitasnya untuk memberikan layanan yang lebih kepada anak-anak lebih di AS
  • Ajarkan Bagi Amerika telah meningkat dampak terukur anggota korps-nya 'pada tahun prestasi siswa selama setahun, berdasarkan langkah-langkah internal penguasaan, dan dengan pengembangan "Pengajaran sebagai Leadership" kerangka.
  • Studi di tiga negara-Louisiana, North Carolina, dan Tennessee-menunjukkan bahwa Ajarkan Untuk anggota korps Amerika memiliki dampak yang lebih besar pada prestasi siswa dari guru baru dari banyak program sertifikasi tradisional.
  • Lebih dari 3200 anggota korps khusus dalam ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan mata pelajaran matematika sebagai bagian dari Inisiatif STEM Cisco yang didukung.
  • 43.000 guru telah mencapai sekitar 5 juta siswa di seluruh dunia melalui Teach untuk Semua, jaringan global perusahaan sosial dengan platform telekomunikasi global berdasarkan produk hibah Cisco. 


source : 
tholibpoenya.blogspot.com/2014/12/corporate-social-responsibility-danone.html
http://khairil-editinggrafis.blogspot.com/2011/11/pegertian-dan-sejarah-singkat-router.html
http://csr.cisco.com/pages/csr-programs
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Heather Whitte, sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami sedang dan mengkhususkan diri dalam memberikan sebuah akhir pinjaman tahun, pinjaman Natal, pinjaman tahun baru bagi Anda untuk membayar setiap pinjaman coorperative bahwa Anda berada pada saat kita memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan Anda memiliki bisnis. pinjaman yang diberikan kepada individu dan perusahaan di start-up sebesar 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (qualityloanfirms@asia.com)
(heatherwhiteloanltd@gmail.com). Datang dan pengalaman perbedaan dalam layanan kami.

 

ALOHA♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea