Minggu, 09 Oktober 2016

Paper Inovasi "Dr. Healthy"

Diposting oleh Arum Puspitarini di Minggu, Oktober 09, 2016



Nama             : Arum Puspitarini
Kelas              : 4KA17
NPM               : 11113405
Judul paper    : Inovasi “Dr. Healthy” 



1.     PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Kesehatan merupakan masalah yang seringkali dihadapi oleh sebagian atau bahkan seluruh masyarakat di pelosok dunia, khususnya Indonesia. Keterbatasan biaya, dan jauhnya tempat tinggal dengan Rumah Sakit atau Dokter menjadi faktor masyarakat untuk tidak berobat. Penulis mengusulkan sebuah inovasi baru “Dr. Healthy” sebagai salah satu aplikasi untuk mengatasi masalah akan kebutuhan kesehatan masyarakat. Aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Aplikasi serupa sudah hadir di Amerika seperti ePocrates dengan layanan referensi obat dipasaran yang digunakan oleh para dokter, akan tetapi aplikasi tersebut hanya dapat digunakan oleh dokter dan bukan masyarakat umum. Sedangkan aplikasi “Dr. Healthy” selain menyediakan referensi obat aplikasi ini juga menyediakan informasi Rumah Sakit atau dokter terdekat, juga pemanggilan ambulance jika diperlukan dalam keadaan darurat.
Sistem kerjanya sama dengan aplikasi pada umumnya. Ada daftar profil  “Dr. Healthy” yang berisi alamat serta kontak untuk berkonsultasi. Ada referensi obat yang dapat ditemukan dipasaran hanya dengan memasukkan data-data sesuai yang dibutuhkan. Selain itu juga ditampilkan informasi Rumah Sakit atau Dokter terdekat. Pengguna juga dapat memeriksa ketersediaan ambulance yang disediakan disetiap posko “Dr. Healthy” dalam kondisi darurat. Resep obat dalam aplikasi ini diberikan sesuai dengan ketentuan dari Dokter yang bersangkutan. Pada awal peluncuran, inovasi “Dr. Healthy” akan mengadakan donor darah massal yang akan bekerja sama dengan PMI.
Inovasi kedepan layanan “Dr. Healthy” akan menyediakan akses cepat bagi pengguna BPJS dan layanan kesehatan lainnya. Selain itu akan ada potongan biaya bagi pasien yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata dengan menyertakan surat keterangan dari RT/RW serta kelurahan setempat.

1.2.  Tujuan Penulisan
Inovasi “Dr. Healthy”  ini diharapkan dapat mengurangi kesulitan masyarakat khususnya pengguna aplikasi dalam mengatasi masalah kesehatan. “Dr. Healthy” diharapkan dapat ikut berkontribusi positif untuk masyarakat mulai dari pelosok desa sampai ke Indonesia dalam masalah kesehatan yang saat ini masih terkendala biaya yang tinggi dan lokasi yang sulit dijangkau.


1.3.  Terobosan dalam Inovasi “Dr. Healthy”
Untuk memperkuat inovasi baru “Dr. Healthy” maka dapat dilakukan beberapa terobosan penting yang diusulkan penulis salah satunya dengan mengadakan kerjasama antara penjual obat, apotek, Rumah Sakit, dan Klinik mulai dari yang terdekat dengan lokasi pengguna sampai yang paling jauh. Selain itu perlu mengadakan pencarian investor untuk menyediakan ambulance pada setiap posko. Diperlukan juga dukungan dari masyarakat, dan pemerintah. Dan juga donatur untuk penggalangan dana, nantinya seluruh dana yang didapat akan dipergunakan untuk pengembangan produk, dan mengadakan event sukarela.

  

2. LANDASAN TEORI

2.1. Definisi dan Sejarah Telematika
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
·          Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
·          Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
·          Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

2.2. Telematika dalam Inovasi Masa depan
Telematika kendaraan siap untuk terus tumbuh secara eksponensial sebagai aplikasi komputer yang dikembangkan untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya jumlah unit GPS, meningkatkan daya pemrosesan dan meluasnya penggunaan perangkat mobile. Masa depan telematika akan sangat ditentukan oleh kebutuhan pemilik kendaraan yang terus mencari cara untuk memotong biaya, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan akuntabilitas. Sebagai pemahaman tentang telematika berkembang lebih jauh, demikian juga akan aplikasinya. Masa depan lebih dekat daripada yangdipikirkan. Berikut beberapa inovasi terkait telematika di masa depan  :
1.      Pemetaan, masa depan yang lebih efisien aman. Sistem telematika modern sudah mampu menganalisis gaya mengemudi dan memberikan umpan balik yang komprehensif untuk kedua manajer dan driver secara real time.
2.      Spesifikasi Exact perjanjian dan pengiriman. Smartphone dapat bekerja bahu-membahu dengan teknologi telematika canggih untuk menciptakan operasi TI yang mencakup semua aspek kehidupan - dari bisnis ke waktu di rumah, mobil dan rekreasi. Perangkat ini juga dapat memberitahu pengguna persis berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi pengguna untuk melakukan perjalanan pulang untuk menyambut pedagang dan memberikan pengguna dengan rute terbaik, dengan kemacetan lalu lintas rekening. Memperluas gagasan lanjut, pengiriman bisa dikirim ke lokasi yang tepat ke pengguna, menunjuk sesuai dengan sinyal GPS dari smartphone, apakah itu rumah, kantor atau bahkan kedai kopi lokal.  Sebuah mobil dapat mengarahkan, mengerem, mempercepat, menggunakan kamera, scanner laser dan radar untuk menjaga jarak aman dari kendaraan lain dan mengidentifikasi lampu lalu lintas, tanda-tanda jalan dan pejalan kaki.
3.      Sebuah rute baru untuk angkutan umum . Meskipun metode transportasi umum yang membutuhkan infrastruktur khusus yang akan dibangun pasti akan menghadapi tantangan dengan massa-adaptasi, setelah mobil yang dapat berkendara otomatis  telah menjadi biasa, rute otomatis angkutan umum bisa membantu untuk mengatasi masalah kemacetan dan perencanaan kota. Rute tersebut tidak akan perlu diawaki oleh sopir, atau trek. Sebaliknya mereka akan mengikuti jalur khusus wisata di kota atau kota, bergantung pada GPS yang akurat dan pemetaan rinci untuk mengarahkan mereka di sekitar tikungan atau hambatan
4.      Panggilan 999 Otomatis. Instalasi standar dari sistem eCall, skema Komisi Eropa yang didukung yang memungkinkan kendaraan untuk secara otomatis menghubungi layanan darurat dalam kasus kecelakaan.
5.       Infotainment pertama. Kotak hitam telematika dan sistem hiburan akan digabung bersama-sama dalam satu unit, membawa pilihan infotainment baru untuk driver yang terjebak dalam lalu lintas statis atau menunggu seseorang.
6.      Sebuah komunitas mengemudi terhubung. Telah menyatakan bahwa 'terhubung' mobil - kendaraan yang dilengkapi dengan akses internet built-in - adalah teknologi yang ketiga tercepat, dengan hanya tablet dan telepon di depannya. Dengan kekuatan gabungan dari internet dan GPS, kendaraan akan dapat memberikan pemberitahuan yang disesuaikan dengan preferensi kedua pengemudi dan wilayah di mana mengemudi
7.      kendaraan suara dikendalikan. Kontrol suara dan teknologi berbasis layar sentuh dan kamera pelacakan yang lebih baik dari gerakan pengguna berarti bahwa suatu hari, driver mungkin dapat mengeluarkan instruksi ke mobil dengan kepindahan sederhana tangan mereka atau beberapa kata.
8.      Munculnya teknologi  (V2I) Vehicle-to-Infrastruktur. Kendaraan-to-Infrastruktur (V2I) teknologi sepertinya akan mendapatkan traksi yang signifikan dalam waktu dekat. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi dengan infrastruktur lokal menggunakan Wireless Local Area Network. Dua arah hubungan antara kendaraan dan infrastruktur pinggir jalan bisa update driver pada segala sesuatu dari ruang parkir kosong dan perbaikan jalan sulit untuk kondisi cuaca buruk.
9.      Munculnya 'internet' . Internet interkoneksi benda sehari-hari melalui internet - diatur berdampak lebih lanjut pada telematika. Dari kendaraan yang dapat mengidentifikasi penurunan tajam dalam suhu dan menyalakan pemanas di rumah untuk smartwatches atau 'Produk pakaian' lain yang dapat membuka kendaraan sebagai sopir berjalan ke pintu tanpa sentuhan.

2.3.  Dampak Negatif dan Positif pada Perkembangan Telematika
Adanya perkembangan teknologi dan informatika yang pesat, pasti memiliki dampak atau efek positif dan negatifnya. Berikut dampak positif dan negatif dari perkembangan telematika.
Dampak Positif Perkembangan Telematika
·           Kemudahan dalam mencari dan memperoleh data dan informasi
·           Data dan informasi yang diterima lebih cepat dan akurat
·           Transparasi dalam informasi
·           Penghematan waktu dan biaya

Dampak Negatif Perkembangan Telematika
·           Adanya cyber crime
·           Penyebaran virus atau malicious ware fraud
·           Banyak anak kecil menjadi malas belajar karena kecanduan internet dan main game
·           Membuat manusia menjadi makhluk unsocial, tidak bersosialisasi secara langsung melainkan hanya dengan teknologi atau dunia maya kita mengenal orang satu sama lain tanpa bersosialisasi.




3.     KESIMPULAN

Dari hari kehari perkembangan telematika dalam berbagai bidang semakin maju, hal ini disebabkan semakin banyaknya kebutuhan akan telematika itu sendiri. Semakin banyaknya software yang muncul untuk membuat aplikasi berbasis telematika ini dan juga beraneka ragam kebutuhan informasi akan memudahkan bagi pengguna telematika dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya perkembangan telematika di bidang kesehatan contohnya pada inovasi “Dr. Healthy” sangat memberikan banyak manfaat bagi pengguna salah satunya mempermudah pengguna dalam menggunakan telematika tersebut.














DAFTAR PUSTAKA



0 komentar:

 

ALOHA♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea