Nama : Arum Puspitarini
Kelas : 4KA17
NPM : 11113405
Judul paper : Inovasi “Dr. Healthy”
1. PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Kesehatan
merupakan masalah yang seringkali dihadapi oleh sebagian atau bahkan seluruh
masyarakat di pelosok dunia, khususnya Indonesia. Keterbatasan biaya, dan
jauhnya tempat tinggal dengan Rumah Sakit atau Dokter menjadi faktor masyarakat
untuk tidak berobat. Penulis mengusulkan sebuah inovasi baru “Dr. Healthy”
sebagai salah satu aplikasi untuk
mengatasi masalah akan kebutuhan kesehatan masyarakat. Aplikasi ini untuk
mempermudah masyarakat dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Aplikasi serupa sudah
hadir di Amerika seperti ePocrates dengan layanan referensi obat dipasaran yang
digunakan oleh para dokter, akan tetapi aplikasi tersebut hanya dapat digunakan
oleh dokter dan bukan masyarakat umum. Sedangkan aplikasi “Dr. Healthy” selain
menyediakan referensi obat aplikasi ini juga menyediakan informasi Rumah Sakit
atau dokter terdekat, juga pemanggilan ambulance
jika diperlukan dalam keadaan darurat.
Sistem kerjanya
sama dengan aplikasi pada umumnya. Ada daftar profil “Dr. Healthy” yang
berisi alamat serta kontak untuk berkonsultasi. Ada referensi obat yang dapat
ditemukan dipasaran hanya dengan memasukkan data-data sesuai yang dibutuhkan. Selain
itu juga ditampilkan informasi Rumah Sakit atau Dokter terdekat. Pengguna
juga dapat memeriksa ketersediaan ambulance yang disediakan disetiap posko
“Dr. Healthy” dalam kondisi darurat. Resep obat dalam aplikasi ini diberikan
sesuai dengan ketentuan dari Dokter yang bersangkutan. Pada awal peluncuran,
inovasi “Dr. Healthy” akan mengadakan donor darah massal yang akan bekerja sama
dengan PMI.
Inovasi
kedepan layanan “Dr. Healthy” akan menyediakan akses cepat bagi pengguna
BPJS dan layanan kesehatan lainnya. Selain itu akan ada potongan biaya bagi pasien
yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata dengan menyertakan surat keterangan
dari RT/RW serta kelurahan setempat.
1.2.
Tujuan Penulisan
Inovasi “Dr.
Healthy” ini diharapkan dapat mengurangi kesulitan masyarakat
khususnya pengguna aplikasi dalam mengatasi masalah kesehatan. “Dr. Healthy”
diharapkan dapat ikut berkontribusi positif untuk masyarakat mulai dari
pelosok desa sampai ke Indonesia dalam masalah kesehatan yang saat ini
masih terkendala biaya yang tinggi dan lokasi yang sulit dijangkau.
1.3.
Terobosan dalam Inovasi “Dr. Healthy”
Untuk memperkuat
inovasi baru “Dr. Healthy” maka dapat dilakukan beberapa terobosan penting yang
diusulkan penulis salah satunya dengan mengadakan kerjasama antara penjual
obat, apotek, Rumah Sakit, dan Klinik mulai dari yang terdekat dengan lokasi
pengguna sampai yang paling jauh. Selain itu perlu mengadakan pencarian investor
untuk menyediakan ambulance pada
setiap posko. Diperlukan juga dukungan dari masyarakat, dan pemerintah. Dan
juga donatur untuk penggalangan dana, nantinya seluruh dana yang didapat akan
dipergunakan untuk pengembangan produk, dan mengadakan event sukarela.
2. LANDASAN TEORI
2.1. Definisi dan Sejarah Telematika
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah
“TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem
jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada
perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun
1978.
Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat
berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium
Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para
pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium
Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada
tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata
yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep
Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new
hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam
wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT
(Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari
milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang
jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari
hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir
diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan
oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika sering
dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
·
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang
dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications
Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan
pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan
telekomunikasi.
·
Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem
Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral
dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication
technology).
·
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang
kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
2.2. Telematika dalam Inovasi Masa depan
Telematika kendaraan siap untuk terus tumbuh secara
eksponensial sebagai aplikasi komputer yang dikembangkan untuk mengambil
keuntungan dari meningkatnya jumlah unit GPS, meningkatkan daya pemrosesan dan
meluasnya penggunaan perangkat mobile. Masa depan telematika akan sangat
ditentukan oleh kebutuhan pemilik kendaraan yang terus mencari cara untuk
memotong biaya, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan akuntabilitas. Sebagai
pemahaman tentang telematika berkembang lebih jauh, demikian juga akan
aplikasinya. Masa depan lebih dekat daripada yangdipikirkan. Berikut beberapa
inovasi terkait telematika di masa depan :
1. Pemetaan,
masa depan yang lebih efisien aman. Sistem telematika modern sudah mampu
menganalisis gaya mengemudi dan memberikan umpan balik yang komprehensif untuk
kedua manajer dan driver secara real time.
2. Spesifikasi
Exact perjanjian dan pengiriman. Smartphone dapat bekerja bahu-membahu dengan teknologi
telematika canggih untuk menciptakan operasi TI yang mencakup semua aspek
kehidupan - dari bisnis ke waktu di rumah, mobil dan rekreasi. Perangkat ini
juga dapat memberitahu pengguna persis berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi
pengguna untuk melakukan perjalanan pulang untuk menyambut pedagang dan
memberikan pengguna dengan rute terbaik, dengan kemacetan lalu lintas rekening.
Memperluas gagasan lanjut, pengiriman bisa dikirim ke lokasi yang tepat ke
pengguna, menunjuk sesuai dengan sinyal GPS dari smartphone, apakah itu rumah,
kantor atau bahkan kedai kopi lokal. Sebuah mobil dapat mengarahkan,
mengerem, mempercepat, menggunakan kamera, scanner laser dan radar untuk
menjaga jarak aman dari kendaraan lain dan mengidentifikasi lampu lalu lintas,
tanda-tanda jalan dan pejalan kaki.
3. Sebuah rute
baru untuk angkutan umum . Meskipun metode transportasi umum yang
membutuhkan infrastruktur khusus yang akan dibangun pasti akan menghadapi
tantangan dengan massa-adaptasi, setelah mobil yang dapat berkendara
otomatis telah menjadi biasa, rute otomatis angkutan umum bisa membantu
untuk mengatasi masalah kemacetan dan perencanaan kota. Rute tersebut tidak
akan perlu diawaki oleh sopir, atau trek. Sebaliknya mereka akan mengikuti
jalur khusus wisata di kota atau kota, bergantung pada GPS yang akurat dan
pemetaan rinci untuk mengarahkan mereka di sekitar tikungan atau hambatan
4. Panggilan
999 Otomatis. Instalasi standar dari sistem eCall, skema Komisi
Eropa yang didukung yang memungkinkan kendaraan untuk secara otomatis
menghubungi layanan darurat dalam kasus kecelakaan.
5. Infotainment
pertama. Kotak hitam telematika dan sistem hiburan akan digabung
bersama-sama dalam satu unit, membawa pilihan infotainment baru untuk driver
yang terjebak dalam lalu lintas statis atau menunggu seseorang.
6. Sebuah
komunitas mengemudi terhubung. Telah menyatakan bahwa 'terhubung' mobil - kendaraan
yang dilengkapi dengan akses internet built-in - adalah teknologi yang ketiga
tercepat, dengan hanya tablet dan telepon di depannya. Dengan kekuatan gabungan
dari internet dan GPS, kendaraan akan dapat memberikan pemberitahuan yang
disesuaikan dengan preferensi kedua pengemudi dan wilayah di mana mengemudi
7. kendaraan
suara dikendalikan. Kontrol suara dan teknologi berbasis layar sentuh dan
kamera pelacakan yang lebih baik dari gerakan pengguna berarti bahwa suatu
hari, driver mungkin dapat mengeluarkan instruksi ke mobil dengan kepindahan
sederhana tangan mereka atau beberapa kata.
8. Munculnya
teknologi (V2I) Vehicle-to-Infrastruktur. Kendaraan-to-Infrastruktur
(V2I) teknologi sepertinya akan mendapatkan traksi yang signifikan dalam waktu
dekat. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi tidak hanya dengan
satu sama lain, tetapi dengan infrastruktur lokal menggunakan Wireless Local
Area Network. Dua arah hubungan antara kendaraan dan infrastruktur pinggir
jalan bisa update driver pada segala sesuatu dari ruang parkir kosong dan
perbaikan jalan sulit untuk kondisi cuaca buruk.
9. Munculnya
'internet' . Internet interkoneksi benda sehari-hari melalui
internet - diatur berdampak lebih lanjut pada telematika. Dari kendaraan yang
dapat mengidentifikasi penurunan tajam dalam suhu dan menyalakan pemanas di
rumah untuk smartwatches atau 'Produk pakaian' lain yang dapat membuka
kendaraan sebagai sopir berjalan ke pintu tanpa sentuhan.
2.3. Dampak Negatif dan Positif pada Perkembangan Telematika
Adanya perkembangan teknologi dan
informatika yang pesat, pasti memiliki dampak atau efek positif dan negatifnya.
Berikut dampak positif dan negatif dari perkembangan telematika.
Dampak Positif Perkembangan Telematika
·
Kemudahan dalam mencari dan memperoleh
data dan informasi
·
Data dan informasi yang diterima lebih
cepat dan akurat
·
Transparasi dalam informasi
·
Penghematan waktu dan biaya
Dampak Negatif Perkembangan Telematika
·
Adanya cyber crime
·
Penyebaran virus atau malicious ware fraud
·
Banyak anak kecil menjadi malas belajar
karena kecanduan internet dan main game
·
Membuat manusia menjadi makhluk unsocial,
tidak bersosialisasi secara langsung melainkan hanya dengan teknologi atau
dunia maya kita mengenal orang satu sama lain tanpa bersosialisasi.
3. KESIMPULAN
Dari hari kehari perkembangan telematika dalam berbagai
bidang semakin maju, hal ini disebabkan semakin banyaknya kebutuhan akan telematika itu sendiri. Semakin banyaknya software yang muncul untuk membuat aplikasi berbasis telematika ini dan
juga beraneka ragam kebutuhan informasi akan memudahkan bagi pengguna
telematika dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya perkembangan telematika
di bidang kesehatan contohnya pada inovasi “Dr. Healthy” sangat memberikan
banyak manfaat bagi pengguna salah satunya mempermudah pengguna dalam
menggunakan telematika tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar