Minggu, 09 November 2014

KOMUNIKASI ORGANISASI

Diposting oleh Arum Puspitarini di Minggu, November 09, 2014


A.     PENGERTIAN KOMUNIKASI
·         Komunikasi adalah proses pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan. Prose situ meliputi informasi yang disampaikan baik secara lisan atau tulisan. (Hybels dan Weafer II, 1992)
·         Komunikasi adalah pernyataan yang efektif; pertukaran pesan-pesan yang tertulis, pesan-pesan dalam percakapan bahkan melalui imajinasi(Walhstrom, 1992)
·         Komunikasi adalah suatu proses, aktivitas simbolis, dan pertukaran makna antarmanusia.

B.      UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1.      Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.
2.       Komunikator Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: – Penampilan Khusus dalam komunikasi tatap muka atau yang menggunakan media pandang dengan audio visual, seorang komunikator harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan komunikan. Penampilan ini sesuai dengan tata krama dengan memperhatikan keadaan, waktu dan tempat. – Penguasaan masalah Seseorang yang tampil atau ditampilkan sebagai komunikator haruslah betul- betul menguasai masalahnya. Apabila tidak, maka setelah proses komunikasi berlangsung akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap komunikator dan akhirnya terhadap pesan itu sendiri yang akan menghambat terhadap efektivitas komunikasi. -Penguasaan bahasa Komunikator harus menguasai bahasa dengan baik. Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan dan dapat dipahami oleh komunikan. Penguasaan bahasa akan sangat membantu menjelaskan pesan- pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada audience.
3.      Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Pesan dapat secara panjang lebar mengupas berbagai segi, namun inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan akhir komunikasi itu.
4.      Channel/ Saluran Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa, misalnya televise.
5.      Komunikasi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu 1) personal 2) kelompok, dan 3) massa. Dari segi sasarannya, komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.
6.      Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil.
Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi Empat tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu: – pengumpulan fakta – Perencanaan – Komunikasi – Evaluasi
C.      KOMUNIKASI ORGANISASI
Komunikasi antarpribadi atau kelompok yang bersifat impersonal atau komunikasi yang berstruktur yang dilakukan oleh pribadi atau kelompok/unit kerja dalam suatu organisasi.




D.     KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Di bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :
1.)    Dari segi sifatnya :
·         Komunikasi Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara cth: presentasi
·         Komunikasi Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email
·         Komunikasi Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: curhat
·         Komunikasi Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth: seseorang yang nervous (gemetar)

2.)    Dari segi arahnya :
·         Komunikasi Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan
·         Komunikasi Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
·         Komunikasi Horizontal komunikasi ke sesama manusia / setingkat
·         Komunikasi Satu Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
·         Komunikasi Dua Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi

3.)    Menurut Lawannya :
·         Komunikasi Satu Lawan Satu berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya cth: berbicara melalui telepon
·         Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok) ‏berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok Cth: kelompok satpam menginterogasi maling
·         Kelompok Lawan Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain Cth: debat partai politik

4.)    Menurut Keresmiannya :
·         Komunikasi Formal komunikasi yang berlangsung resmi cth: rapat pemegang saham
·         Komunikasi Informal komunikasi yang tidak resmi cth : berbicara dengan teman

E.      FUNGSI KOMUNIKASI
1.)    Hidup Pribadi
Melalui komunikasi kita dapat :
a.      Mengungkapkan perasaan dan gagasan
b.      Menjelaskan perasaan, isi pikiran, dan perilaku kita sendiri
c.       Semakin mengenal diri

2.)    Hubungan dengan orang lain
Melalui komunikasi kita dapat :
a.      Mengenal orang lain
b.      Menjalin perkenalan, pertemanan, dan persahabatan dengan orang lain
c.       Membahas masalah, bertukar pikiran, dan membuat rencana kegiatan bersama orang lain.
d.      Meminta bantuan dan pertolongan kepada orang lain.
e.      Saling membantu mengubah sikap dan perilaku hidup bersama orang lain.

3.)    Di tempat kerja
Melalui komunikasi kita dapat :
a.      Menjalin hubungan dengan baik dengan rekan kerja ditempat kerja
b.      Membangun kerja sama dan sinergi dengan rekan kerja
c.       Memberitahu tentang kerja dan mengarahkan kerja itu sesuai dengan tujuan
d.      Mengatasi perbedaan pendapat, ketegangan, dan konflik

4.)    Dalam Masyarakat
Melalui komunikasi kita dapat :
a.      Mempersatukan masyarakat
b.      Mengatasi masalah bersama dalam masyarakat
c.       Membuat usaha untuk kemajuan masyarakat
d.      Mengusahakan kesejateraan masyarakat

Sumber :
Komunikasi Interpersonal Dan Intrapersonal Oleh Drs. Agus M. Hardjana, M.Sc., Ed.
Makna Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya oleh Alo Liliweri
Perilaku Organisasi. Jilid Kesatu oleh Robbin, Stephen D                                                                     

0 komentar:

 

ALOHA♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea