A.
PENGERTIAN
KOMUNIKASI
·
Komunikasi adalah
proses pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan. Prose situ meliputi
informasi yang disampaikan baik secara lisan atau tulisan. (Hybels dan Weafer
II, 1992)
·
Komunikasi adalah
pernyataan yang efektif; pertukaran pesan-pesan yang tertulis, pesan-pesan
dalam percakapan bahkan melalui imajinasi(Walhstrom, 1992)
·
Komunikasi adalah
suatu proses, aktivitas simbolis, dan pertukaran makna antarmanusia.
B.
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1. Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan
dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga,
buku, dokumen dan sejenisnya.
2. Komunikator Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: – Penampilan
Khusus dalam komunikasi tatap muka atau yang menggunakan media pandang dengan
audio visual, seorang komunikator harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan
komunikan. Penampilan ini sesuai dengan tata krama dengan memperhatikan
keadaan, waktu dan tempat. – Penguasaan masalah Seseorang yang tampil atau
ditampilkan sebagai komunikator haruslah betul- betul menguasai masalahnya.
Apabila tidak, maka setelah proses komunikasi berlangsung akan menimbulkan
ketidakpercayaan terhadap komunikator dan akhirnya terhadap pesan itu sendiri
yang akan menghambat terhadap efektivitas komunikasi. -Penguasaan bahasa
Komunikator harus menguasai bahasa dengan baik. Bahasa ini adalah bahasa yang
digunakan dan dapat dipahami oleh komunikan. Penguasaan bahasa akan sangat
membantu menjelaskan pesan- pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada
audience.
3. Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator.
Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha
mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Pesan dapat secara panjang
lebar mengupas berbagai segi, namun inti pesan dari komunikasi akan selalu
mengarah kepada tujuan akhir komunikasi itu.
4. Channel/ Saluran Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan
media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum
dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala
bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media
yang digunakan untuk komunikasi massa, misalnya televise.
5. Komunikasi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu 1) personal 2) kelompok,
dan 3) massa. Dari segi sasarannya, komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam
komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.
6. Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah
laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap
dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil.
Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi Empat
tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu: – pengumpulan fakta –
Perencanaan – Komunikasi – Evaluasi
C. KOMUNIKASI
ORGANISASI
Komunikasi antarpribadi atau kelompok yang
bersifat impersonal atau komunikasi yang berstruktur yang dilakukan oleh
pribadi atau kelompok/unit kerja dalam suatu organisasi.
D.
KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Di bawah ini ada beberapa klasifikasi
komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :
1.) Dari segi sifatnya :
·
Komunikasi
Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara cth: presentasi
·
Komunikasi
Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email
·
Komunikasi
Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: curhat
·
Komunikasi
Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth: seseorang yang nervous
(gemetar)
2.) Dari segi arahnya :
·
Komunikasi
Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan
·
Komunikasi
Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
·
Komunikasi
Horizontal komunikasi ke sesama manusia / setingkat
·
Komunikasi
Satu Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
·
Komunikasi
Dua Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
3.) Menurut Lawannya :
·
Komunikasi
Satu Lawan Satu berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya cth: berbicara
melalui telepon
·
Komunikasi
Satu Lawan Banyak (kelompok) berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
Cth: kelompok satpam menginterogasi maling
·
Kelompok
Lawan Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain Cth: debat
partai politik
4.) Menurut Keresmiannya :
·
Komunikasi
Formal komunikasi yang berlangsung resmi cth: rapat pemegang saham
·
Komunikasi
Informal komunikasi yang tidak resmi cth : berbicara dengan teman
E. FUNGSI
KOMUNIKASI
1.)
Hidup Pribadi
Melalui
komunikasi kita dapat :
a.
Mengungkapkan perasaan dan gagasan
b.
Menjelaskan perasaan, isi pikiran, dan
perilaku kita sendiri
c.
Semakin mengenal diri
2.)
Hubungan dengan orang lain
Melalui komunikasi
kita dapat :
a.
Mengenal orang lain
b.
Menjalin perkenalan, pertemanan, dan
persahabatan dengan orang lain
c.
Membahas masalah, bertukar pikiran,
dan membuat rencana kegiatan bersama orang lain.
d.
Meminta bantuan dan pertolongan kepada
orang lain.
e.
Saling membantu mengubah sikap dan
perilaku hidup bersama orang lain.
3.)
Di tempat kerja
Melalui
komunikasi kita dapat :
a.
Menjalin hubungan dengan baik dengan
rekan kerja ditempat kerja
b.
Membangun kerja sama dan sinergi
dengan rekan kerja
c.
Memberitahu tentang kerja dan
mengarahkan kerja itu sesuai dengan tujuan
d.
Mengatasi perbedaan pendapat,
ketegangan, dan konflik
4.)
Dalam Masyarakat
Melalui komunikasi kita dapat :
a.
Mempersatukan masyarakat
b.
Mengatasi masalah bersama dalam
masyarakat
c.
Membuat usaha untuk kemajuan
masyarakat
d.
Mengusahakan kesejateraan masyarakat
Sumber :
Komunikasi Interpersonal Dan Intrapersonal Oleh Drs. Agus M.
Hardjana, M.Sc., Ed.
Makna Budaya Dalam Komunikasi
Antarbudaya
oleh Alo Liliweri
Perilaku Organisasi. Jilid Kesatu
oleh Robbin, Stephen D
0 komentar:
Posting Komentar