1.
Pengertian
Organisasi
¨
Organisasi adalah kesatuan sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
¨
Organisasi adalah kesatuan sosial dimana pola
interaksi para anggotanya harus diseimbangkan dan diselaraskan untuk
meminimalkan keberlebihan dan juga memastikan bahwa tugas-tugas yang kritis
telah diselesaikan.
¨
Organisasi adalah suatu kelompok
orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
¨
Organisasi adalah kerjasama antara beberapa
orang yang membentuk kelompok atau satuan kerja sama tersendiri.
¨
Organisasi adalah tempat atau wadah dimana
orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana,
terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material,
mesin,
metode,
lingkungan),
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan.
¨ Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang
tersusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan
bersama.
¨ Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua
orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian
tujuan bersama
¨ Organisasi adalah struktur pembagian kerja
dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang
bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
2.
Manajemen
dan Organisasi
v
Manajemen dan organisasi tujuannya
mempertimbangkan konstruksi dan mengubah struktur organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi. Sama hal nya seperti membangun sebuah rumah, keduanya mulai
dengan tujuan akhir.
v
Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi
manajemen yang terkait erat di dalamnya. Pada umumnya ada empat fungsi
manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning),
fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi
pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi
staffing (pembentukan staf). Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis
diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan
hasil manajemen yang maksimal.
3Sumber :
Buku Teori
Organisasi Jilid 3 karya Stephen P.Robbins
Buku Budaya
Organisasi karya Prof.Dr.H.Edy Sutrisno, M.Si
0 komentar:
Posting Komentar