Minggu, 05 Oktober 2014

Tugas 1 (Pengertian Organisasi & Organisasi dan Manajemen)

Diposting oleh Arum Puspitarini di Minggu, Oktober 05, 2014


1.       Pengertian Organisasi
¨  Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
¨  Organisasi adalah kesatuan sosial dimana pola interaksi para anggotanya harus diseimbangkan dan diselaraskan untuk meminimalkan keberlebihan dan juga memastikan bahwa tugas-tugas yang kritis telah diselesaikan.

¨  Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
¨  Organisasi adalah kerjasama antara beberapa orang yang membentuk kelompok atau satuan kerja sama tersendiri.
¨  Organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan.
¨  Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang tersusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
¨  Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama
¨  Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

2.       Manajemen dan Organisasi
v  Manajemen dan organisasi tujuannya mempertimbangkan konstruksi dan mengubah struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sama hal nya seperti membangun sebuah rumah, keduanya mulai dengan tujuan akhir.
v  Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat di dalamnya. Pada umumnya ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing (pembentukan staf). Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal.

3Sumber :
Buku Teori Organisasi Jilid 3 karya Stephen P.Robbins
Buku Budaya Organisasi karya Prof.Dr.H.Edy Sutrisno, M.Si

Subject : 2KA17_PTA2014/2015_Arum Puspitarini_Tugas1 


















0 komentar:

 

ALOHA♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea